Perhatikan 5 Hal ini Agar Tetap Nyaman Menggunakan AC Saat Tidur

Air Conditioner atau AC merupakan salah satu alat yang bisa membantu Anda untuk mengatur suhu ruangan. Di negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia, AC menjadi salah satu perangkat elektronik yang cukup dibutuhkan, terlebih bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Perawatan AC juga cukup mudah dilakukan sehingga tidak akan merepotkan, bahkan jika AC tersebut rusak Anda bisa banyak menemukan jasa service AC di kota Anda. 



Memiliki AC di rumah dapat bermanfaat untuk mendinginkan suhu ruangan, termasuk saat Anda tertidur. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ketika menggunakan AC saat tidur agar bisa tetap merasa nyaman.

1. Pastikan jendela dan pintu tertutup

Sebelum Anda beranjak ke tempat tidur dan menyalakan AC, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa seluruh jendela dan pintu kamar telah tertutup rapat. Menggunakan AC dengan jendela atau pintu yang terbuka hanya membuang-buang listrik Anda dan AC tidak bisa bekerja maksimal untuk mendinginkan suhu ruangan.

2. Atur suhu awal 28 derajat

Ketika pertama kali menyalakan AC, atur AC tersebut pada suhu 28 derajat. Suhu ini merupakan suhu AC yang cukup normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Anda tidak disarankan langsung menyalakan AC pada suhu rendah terutama ketika hendak tidur. Tubuh Anda perlu melakukan adaptasi terlebih dahulu dengan suhu ruangan.

Jika Anda merasa 28 derajat masih terlalu dingin, Anda bisa menaikkan satu hingga dua derajat hingga Anda merasa nyaman. Anda juga perlu rutin mengecek suhu AC Anda, apakah suhu dingin yang dikeluarkan masih sesuai dengan derajat yang Anda atur. Jika tidak, Anda lebih baik menghubungi jasa service AC untuk membersihkan dan mengecek kondisi AC.

3. Menaikkan suhu ketika sudah mengantuk

Jika Anda sudah merasa nyaman di tempat tidur dan mulai merasa benar-benar mengantuk, maka Anda perlu menaikkan derajat suhu AC Anda menjadi dua atau tiga derajat lebih hangat dari sebelumnya. Hal ini perlu Anda lakukan agar tubuh Anda tidak merasa kedinginan ketika tertidur. Saat tidur, Anda akan menjadi lebih rileks dibanding saat Anda terjaga, ini membuat tubuh tidak lagi memerlukan suhu ruangan yang terlalu dingin. 

4. Menggunakan mode auto

Jika Anda merasa malas untuk berkali-kali mengatur suhu AC atau Anda sering lupa dan ketiduran tanpa mengatur suhu AC kamar, maka Anda sebaiknya menggunakan mode auto pada AC. Dengan menggunakan mode auto, AC yang ada di kamar Anda akan menyesuaikan suhu dingin yang dikeluarkan dengan kondisi ruangan kamar secara otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi mengaturnya secara manual.

5. Menggunakan bantuan kipas angin

Kipas angin juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan suhu AC yang maksimal, termasuk ketika ingin mendapatkan suhu AC yang nyaman saat tidur. Dengan menyalakan kipas angin, suhu AC bisa menjadi tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin ketika AC Anda atur di mode auto dan masuk ke mode save energy. Ini bisa membuat Anda mendapatkan suhu yang sesuai.

Itulah beberapa tips menggunakan AC untuk tidur di malam hari. Untuk kenyamanan Anda, jangan lupa untuk selalu mengecek dan membersihkan AC secara teratur. Pasalnya ada komponen-komponen AC yang rentan mengalami kerusakan jika tidak dijaga kebersihannya. Anda bisa menghubungi jasa service AC untuk melakukan pengecekan dan pembersihan AC apabila tidak bisa melakukan pembersihan secara mandiri.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label