Gunakan 6 Alat Ini untuk Mendukung Toilet Training Pada Anak

Anak usia satu sampai dua tahun umumnya belum terbiasa buang air besar maupun kecil di toilet. Ini tentu saja membutuhkan kesabaran serta keuletan yang ekstra dari para orang tua agar ia suatu saat nanti bisa pergi sendiri ke toilet untuk buang air besar. Oleh karena itu, diperlukan training toilet yang baik dan benar, sehingga si kecil tidak lagi buang air besar di celana.


Mendukung Toilet Training Pada Anak

Untuk melakukan pelatihan potty training, ada berbagai alat pendukung yang sebaiknya Anda siapkan. Apa sajakah itu? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Potty atau Toilet Seat

Alat pertama yang harus Anda siapkan, yaitu Potty Training. Alat yang satu ini berfungsi sebagai WC mini bagi anak-anak. Mereka bisa duduk dan buang air di atasnya karena alat yang satu ini dilengkapi dengan penampung khusus. Setelah si kecil selesai buang air besar, Anda bisa membuang kotoran yang ada pada penampung tersebut. 

Selain itu, ada juga toilet seat khusus anak-anak. Alat yang satu ini dipasangkan pada WC duduk agar si kecil bisa duduk dengan nyaman saat buang air besar. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot membuang kotoran seperti pada potty training. Jika si kecil sudah bisa untuk buang air besar di WC, sebaiknya sediakan tangga agar ia lebih mudah untuk duduk di kloset.

2. Training Pants

Untuk melatih si kecil buang air besar di WC, sebaiknya Anda menyediakan celana yang satu ini. Training Pants merupakan celana yang digunakan sebelum si kecil siap menggunakan celana dalam. 

Celana ini memiliki bantalan ringan di dalamnya, dan bisa menyerap air pipis. Saat si kecil mengompol, ia akan merasa tidak nyaman, sehingga ia akan meminta untuk ke WC. Celana bisa dicuci dan dipakai setiap saat.

3. Buku Toilet Training 

Buku training toilet saat ini tersedia di beberapa toko buku. Buku yang satu ini memberikan ilustrasi bagaimana cara mudah menggunakan WC bagi anak-anak. Agar si kecil tertarik, buku ini biasanya dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang lucu dan mudah dipahami.

4. Alat Pembersih

Si kecil biasanya masih sering mengompol di hari pertama toilet training. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sudah menyiapkan berbagai macam alat pembersih, seperti kain lap, cairan pembersih lantai, ember, tisu basah, dan masih banyak lagi. 

5. Stiker atau Hadiah

Saat si kecil berhasil buang air besar di WC, berilah ia pujian dan reward berupa hadiah kesukaannya. Anda tidak harus membelikannya mainan, tetapi bisa juga menyediakan makanan kesukaannya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan stiker lucu setelah si kecil berhasil buang air di WC. Setelah stiker terkumpul dalam jumlah tertentu, Anda bisa menukarnya dengan hadiah yang si kecil inginkan. Seru, kan?

6. Perlak atau Sprei Anti Air

Si kecil bisa saja mengompol saat tidur. Oleh karena itu, Anda membutuhkan perlak atau sprei anti air agar air kencing tidak tembus ke kasur. Letakkan perlak tersebut di bawah pantat si kecil, agar air kencing tidak langsung merembes ke kasur. Perlak ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko peralatan bayi dengan harga yang bervariasi.

Itulah enam alat pendukung training toilet pada anak yang harus Anda miliki. Untuk mendapatkan alat-alat tersebut, Anda bisa membelinya di toko terdekat atau toko online. Bagaimana, apakah Anda siap untuk melatih si kecil untuk buang air besar di WC?


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label