5 Mitos Seputar Haid Pada Wanita

Bagi Anda kaum wanita, pasti akan mengalami haid atau datang bulan dalam rentan 28 sampai  30 hari sekali. Respon dari masing-masing individu mengenai haid ini pun berbeda-beda. Mulai dari yang mengalami pegal-pegal, hilang nafsu makan, hingga nyeri pada perut bagian bawah. Namun, disamping itu, terdapat mitos soal haid yang beredar luas di masyarakat. 


Kira-kira apa saja ya, mitos tentang haid yang tersebar di masyarakat? Berikut adalah beberapa mitos tentang haid beserta penjelasannya. 

1. Dilarang Keramas

Banyak masyarakat beranggapan jika pada masa haid, keramas akan membuat sakit kepala. Hal ini dipercaya karena pori-pori yang terbuka ketika masa haid. Namun, hingga saat ini masih belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Dengan tidak keramas selama masa haid akan membuat rambut menjadi lepek dan berminyak. Hal ini malah akan mengganggu kenyamanan dan penampilan Anda. 

2. Dilarang Minum Air Dingin / Air Es

Minum air dingin, air es, atau es krim konon dapat menyebabkan darah pada dinding Rahim membeku, sehingga proses haid tidak berjalan dengan lancar. Namun, faktanya proses haid tidak dipengaruhi oleh hal tersebut, melainkan oleh hormon estrogen dan progesterone.

3. Tidak Boleh Berenang

Pada saat masa haid, tidak ada salahnya Anda berolahraga seperti berenang. Anggapan berenang saat haid dapat menyebabkan kemandulan adalah mitos belaka. Dengan berolahraga, Anda dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. 

4. Darah Haid Adalah Darah Kotor

Istilah haid sering dihubungkan dengan pembuangan ‘darah kotor’ dalam tubuh. Namun, kenyataannya darah yang dikeluarkan tubuh data haid merupakan campuran dari darah, lendir, jaringan pada rahim, serta beberapa bakteri. 

5. Berhubungan Seksual Saat Haid tidak Menyebabkan Kehamilan

Sebagian besar orang menganggap jika berhubungan seksual ketika masa haid tidak akan menyebabkan kehamilan. Padahal sperma dapat bertahan beberapa hari di dalam tubuh wanita. Disamping itu juga, hasrat berhubungan seksual akan meningkat ketika haid karena hormon progesterone yang cenderung rendah. Namun, melakukan hubungan seksual ketika haid ini tidak dianjurkan karena tidak higienis.

Demikian adalah beberapa mitos seputar haid yang perlu Anda ketahui. Tubuh Anda akan terasa kurang segar dari biasanya ketika masa haid, namun bukan berarti Anda tidak boleh melakukan kegiatan. Bijaklah dalam berkegiatan. Jika dirasa badan sudah lelah, beristirahatlah. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label